Pemerintah Kampung Gedung Karya Jitu Gelar Bimtek Pokja Relawan Pendataan SDGs.

Pelaksanaan Bimtek Pokja Pendataan SDGs di Kampung Gedung Karya Jitu

gedungkaryajitu.desa.id – Pemerintah Kampung Gedung Karya Jitu melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Relawan Kelompok Kerja pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) di Balai Kampung Gedung Karya Jitu, Kamis (01/04/2021).

SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021.

Sustainable Development Goals (SDGs)

SDGs Desa, adalah upaya terpadu dalam mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa dengan ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Lingkungan, pendidikan, ramah perempuan, Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pendamping Desa (PD) yang juga pembawa materi, Afiat Ihsani menjelaskan, setidaknya ada 18 sasaran dan tujuan pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, hanya saja untuk tahun ini ada 10 sasaran yang diprioritaskan secara nasional.

Penjelasan SDGs oleh Pendamping Desa Afiat Ihsani.

Afiat menambahkan, target pendataan berlangsung mulai 1 April dan diharapkan selesai 30 Mei. “Pendataan ini akan menggunakan Aplikasi SDGs sehingga penginputan data langsung dari KK oleh relawan. Dimulai dari proses Pendataan SDG’s ini diharapkan data kependudukan dan data lainnya menjadi lebih detail dan lengkap karena hasil dari pendataan ini akan menjadi database Kampung maupun Pusat.” imbuhnya.

Kepala Kampung Gedung Karya Jitu Agus Nurohman dalam sambutannya mengharapkan program ini dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan dapat selesai tepat pada waktunya. Beliau juga mengapresiasi kepada seluruh relawan pendataan SDGs yg merupakan masyarakat asli Kampung Gedung Karya Jitu.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh relawan pendata SDGs atas partisipasi untuk bersama-sama membangun Kampung Gedung Karya Jitu, pembangunan yang dimaksud bukan hanya yang berbentuk fisik namun juga non fisik seperti pendataan SDGs ini.” Imbuhnya.

Kegiatan ini membahas terkait teknis pelaksanaan dan penggunaan aplikasi pendataan SDGs.

Penyampaian Teknis Pelaksanaan dan Penggunaan Aplikasi SDGs.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pendamping Desa Afiat Ihsani, Pendamping Lokal Desa Aris Junianto, Agus Nurohman Kepala Kampung Gedung Karya Jitu, perwakilan BPK dan Relawan Pendataan SDGs yang berjumlah 53 Orang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan